Tips Menjadi Seorang Programmer yang baik

Minggu, 19 Mei 2013 | komentar


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips-tips yang bisa kita lakukan supaya menjadi seorang programmer yang baik (Maksudnya bukan baik dalam artian rajin beribadah atau membantu orang lain lho ya, eheheh). Kalau saya sendiri saat ini sedang fokus dalam dunia web wdevelopment.
Saya menulis artikel ini bukan karena saya sudah jago programming, tapi justru malahan saya sedang belajar tuk menjadi programmer yang baik. Beberapa tips yang saya dapatkan dari hasil browsign-browsing akan saya share disini dan mari kita analisis bersama.
website development jakarta
website development jakarta
1. Rajin Membaca
Dunia programming merupakan sebuah dunia yang sangat luas. Anda salah kalau misalnya menganggap bahwa dengan hanya bermodalkan kemampuan berlogika yang tinggi Anda sudah mampu menjadi programmer yang handal. Kita harus rajin untuk membaca segala informasi yang ada baik dari buku, artikel, blog, dan sebagainya.

Dengan banyak membaca topik-topik yang berkaitan dengan dunia programming otomatis teknik kode program kita juga akan meningkat karena kita terus menerus belajar. Jadi kode program yang akan kita hasilkan akan semakin baik baik dari segi efektifitas maupun dari ukuran kode program. Bayangkan jika kita hanya bermodalkan logika kita sendiri, teknik kita hanya akan berkembang sebatas dengan daya jangkau pikiran kita sendiri.
2. FlowChart
Ketika membuat sebuah program aplikasi yang lumayan kompleks, cobalah untuk selalu membuat alurnya dalam sebuah flowchart. Penggunaan flowchart akan sangat membantu kita dalam menganalisis kebutuhan kode program untuk aplikasi yang kita buat. Selain itu, flowchart akan menghindarkan kita untuk membuat kesalahan alur program, dimana akibatnya terkadang kita harus merombak kode program yang sudah dengan susah payah kita buat. Jadinya kerja dua kali kan?
Selain hal tersebut, flowchart akan sangat membantu ketika kita harus bekerja dalam team. Dengan flowchart kita bisa dengan mudah membagi aplikasi program yang akan kita buat menjadi bentuk per modul. Nah, modul-modul inilah yang nantinya akan dibagi kepada anggota team untuk dikerjakan masing-masing.

Flowchart juga akan memudahkan orang lain supaya dapat dengan cepat membaca alur aplikasi program yang sedang kita buat, terutama bagi mereka yang tidak menggeluti dunia programming. Bisa di bilang flowchart ini merupakan “bahasa manusianya” dari kode program yang dibuat, sedangkan kita para programmer berbicara dalam bahasa aliens.. ahahaha .. Contoh kasusnya nih, misalnya kita sedang membuat program aplikasi dan kemudian ada seorang investor yang berniat membiayai aplikasi tersebut, nah nantinya kan kita harus presentasi di depan sang investor mengenai aplikasi yang kita buat tersebut. Dalam presentasi tersebut, flowchart merupakan salah satu pokok bahasan yang harus ada untuk menjelaskan kepada sang investor berkenaan dengan alur aplikasi yang kita buat.
3. Dokumentasi
Nah, ini nih salah satu hal yang biasanya paling males dibikin oleh para programmer, yups, we called it documentation guys. Jujur aja, males banget ketika kita harus susah payah “ngoding” dan kemudian selanjutnya harus membuat juga dokumentasinya. Kurang lebih rasa malesnya sama dengan ketika kita membuat PI, TA atau skripsi lah. Dimana kita harus membuat penulisan mengenai aplikasi yang kita buat.

Cuman ya kalau kita bener-bener ingin menjadi “programmer yang baik” dan punya “strength point” dibandingkan dengan para programmer yang baik nampaknya hal ini harus terbiasa kita lakukan. Mungkin bentuk dokumentasinya kita buat simple aja dan berbentuk form saja. Jadinya untuk setiap program aplikasi yang ada kita punya penjelasan dokumentasi yang jelas. Ohy, nanti ini bisa jadi sejenis bentuk portofolio pribadi kita yang bagus lho.
4. Make Comment
Langkah wajib yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membuat comment dalam kode program kita. Biasakan untuk menuliskan secara jelas maksud dari setiap function atau blok kode program tertentu yang kita buat.Pembuatan comment dalam kode program yang baik akan sangat membantu kita untuk dapat dengan cepat membaca maksud dari setiap kode program yang kita buat.
Okelah kalau misalnya selama pengerjaan aplikasi tersebut kita tidak terlalu membutuhkannya karena kita masih ingat fungsi masing-masing kode program yang kita buat, nah masalahnya akan muncul ketika misalnya dalam jangka waktu beberapa tahun ada perubahan yang harus kita lakukan dalam aplikasi tersebut. Ujung-ujungnya kita harus menghabiskan waktu beberapa lama terlebih dahulu untuk mengingat-ingat fungsi dari masing-masing kode program yang kita buat.

Pembuatan comment dalam kode program juga akan memudahkan kita ketika kita bekerja dalam team. Programmer lain akan lebih cepat memahami kode program yang kita buat. Dan hal tersebut akan meningkatkan pamor kita di mata programmer yang lain.. ahahahha
5. Fokus
Kata fokus memegang peranan yang sangat penting dalam dunia yang sedang kita jalani. Tapi ya tergantung pilihan kita juga sih, apakah kita ingin fokus pada bidang tertentu dan menjadi seorang spesialis dan dihargai dengan mahal ataukah kita ingin lebih tahu banyak hal dan menjadi seorang generalis? Kalau saya jujur saja lebih ingin menjadi seorang spesialis di bidang web development. Jadi saya lebih berfokus untuk belajar hal-hal yang berkaitan dengan web development saja. Kita harus dasar bahwa waktu, tenaga dan kemampuan kita terbatas, kita tidak akan bisa menguasai semua bahasa pemrograman yang ada, jadi fokuslah dari awal, lebih cepat lebih baik. ehehhe.

Ohy, ketika belajar bahasa pemrograman juga lebih baik kita fokus satu bahasa pemrograman saja dulu, yang menurut kalian menarik dan punya prospek menjanjikan. Pahami konsep yang ada dan teknik-tekniknya dengan baik dan benar. Kemudian kalau misalnya kalian sudah memahami satu bahasa pemrograman dengan baik, untuk mempelajari bahasa pemrograman yang baik mudah banget. Karena hampir semuanya punya konsep yang sama kok, palingan beda sintaks doang.
6. Budayakan Blogging
Mungkin ini adalah hal yang baru bisa saya lakukan saat ini, ehehehe.. saya belumlah menjadi programmer yang terlalu baik dan masih nubitol (new bie tolol kalau orang kaskus bilang). Blogging adalah salah satu media belajar yang bisa kita gunakan sekaligus sebagai media promosi pribadi berkaitan dengan skill atau ketertarikan kita pada bidang tertentu.

Biasakanlah untuk menuliskan semua hal yang sedang kita pelajari. Misalnya saat ini saya sedang belajar codeigniter, maka saya akan membuat tutorial-tutorial di blog saya yang berkaitan dengan codeigniter dari materi-materi yang sudah pelajari. Kita akan makin pintar karena mengulang materi yang kita pelajari serta orang akan mengenal keahlian baru yang kita miliki.
Coba bayangkan nih ya, misalnya di bangku kuliah kita nggak terlalu pintar dalam bidang akademis, nah gimana caranya agar masa depan kita tetep cerah? Caranya, Blogginglah dari misalnya semester 1 kita kuliah mengenai satu saja bidang yang paling kita minati, usahakan minimal membuat satu tulisan tiap hari saja. Coba lihat hasilnya 4 tahun kemudian, kita akan menjadi seorang spesialis dibidang tersebut dan orang-orang ketika mencari informasi mengenai bidang tersebut maka mereka akan menemukan blog kita. Dan kita pun dengan mudah mengenalkan kemampuan kita yang kita miliki tanpa sadar, gratis, dan tetap memacu kita tuk belajar tiap hari.
website development jakarta
website development jakarta
Penutup
Demikian artikel saya mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang programmer yang baik, semogra artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Afaf Template | Comic Online
Copyright © 2011. BLOG ILMU PENGETAHUAN, PROGRAMER DAN HACKERZ - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Blogger Afaf
Proudly powered by Blogger