Selamat datang di AFapps Center

Cara Agar Tetap Fit/Bugar Stelah Bagadang

Friday 17 May 20130 comments

Pertandingan bola semalam, menyisakan rasa kantuk sepanjang hari di kantor yang menyebabkan produktivitas kerja Anda menurun? Ya, begadang mungkin sudah menjadi hal yang biasa bahkan termasuk ke dalam bagian dari kehidupan masyarakat urban seperti kita. Namun imbasnya, tubuh Anda bisa kelelahan dan tak bergairah keesokan harinya.
Faktanya, secara alami tubuh kita membutuhkan tidur yang cukup antara 7 – 8 jam setiap harinya. Tidak hanya tubuh, ternyata otak kita pun membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat berfungsi optimal. Bagi sebagian orang, terkadang begadang memang tidak bisa ditinggalkan karena deadline pekerjaan, hangout bersama teman semalaman, ataupun hal penting lainnya.
Nah, agar tubuh tetap bugar setelah begadang, lakukan 3 hal mudah ini saja. Tapi bukan berarti Anda dihalalkan begadang setiap malam, yah.

Begadang

Olahraga Ringan
Setelah begadang, biasanya Anda akan menemukan perasaan malas dan tidak bergairah melakukan aktivitas apapun. Apabila ini menyerang pagi Anda, cobalah untuk melakukan olahraga ringan sebelum memulai aktivitas harian Anda. Ya, olahraga ringan dipercaya dapat meningkatkan kembali kebugaran Anda setelah begadang semalaman.
Anda bisa memulai hari dengan peregangan, lompat tali, atau apapun olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah. Bila Anda menginginkan lebih, cobalah untuk jogging atau bersepeda 15 – 30 menit di sekitar komplek hunian Anda, hal ini akan membantu Anda tetap waspada daripada hanya duduk berdiam diri dan kembali mengantuk.

Hindari Makanan Berat
Saat begadang, tubuh akan mengalami gangguan metabolisme. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi makanan berat setelah begadang. Mengonsumsi makanan berat bisa mengakibatkan makanan tidak dicerna dengan baik, dan jika Anda makan banyak karbohidrat maka dapat memicu naiknya gula darah.
Sebaiknya minumlah perasan air lemon. Minuman ini kaya akan Vitamin C dan merupakan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh setelah begadang. Jika ingin makan, konsumsilah makanan kaya serat seperti sereal, oatmeal atau sayuran segar.

Tenangkan Pikiran
Setelah begadang, tubuh Anda akan rentan mengalami stres. Yang paling mudah untuk menenangkan kembali jiwa Anda, sebaiknya lakukan meditasi beberapa menit di pagi hari. Tempatkan diri Anda dalam suasana yang tenang dan tentram. Tambahkan aroma terapi jika perlu untuk memperdalam meditasi Anda. Studi menyebutkan bahwa meditasi dapat memberikan efek pemulihan otak, meski pun tidak semaksimal saat tidur.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Contact Us | Privacy Policy | Terms Of Service | Disclaimer | About AFapps
Copyright © 2011. AFapps - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger